Pages

Selasa, 02 April 2013

Tulisan Paradigma/Tinjauan Perekonomian Indonesia



PENDAHULUAN



Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini, lebih-lebih  lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat

Terima kasih sebelum dan sesudahnya kami ucapkan kepada  Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga tulisan ini terselesaikan  dalam waktu yang telah ditentukan

Kami menyadari sekali, didalam penyusunan Tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal kelengkapan serta pengkonsolidasian  kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya  menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran  yang membangun untuk lebih menyempurnakan tulisan kami dilain waktu

Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini ialah, mudah-mudahan apa yang kami susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini ( masyarakat desa dan masyarakat kota ) sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.





                                                              ISI

Perubahan pola pikir pembangunan sektor ekonomi perlu dilakukan. Jika menilik struktur ekonomi Negara maju, dimana pada sturktur tersebut yang memegang peranan dominanadalah sektor pengolahan / industri serta sektor jasa dibandingkan dengan sektor primer. Hal inidapat dilakuakn dengan menggenjot pertumbuhan industry dalam negeri. Terutama sektor industri vital seperti pertambangan, perminyakan, baja/logam, dll. Juga insentif pengembanganbagi pengusaha UKM dengan pengucuran kredit usaha rakyat yang lebih mudah diakses.Sehingga UKM tersebut bisa berkembang menjadi usaha menengah yang tentunya akanmemicu pertumbuhan industry ( dimana berdampak mengurangi pengangguran, danpeningkatan jam kerja).

Selain itu, sektor jasa juga mesti digitakan dengan dukungan kebijakanpemerintah untuk menggunakan sektor jasa domestik untuk keperluan dalam negeri (menciptakan pasarnya ).Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemerataan pembangunan sektor ekonomi diseluruh daerah Indonesia. Hal ini sudah diakomodir dengan program Koridor Ekonomi Nasional  dimana Indonesia dikavling menurut potensi kavlingnya, selanjutnya investor diarahkan untukmenanamkan modalnya disana, sehingga akan tercipta pusat-pusat industri yang merata diseluruh tanah air. Selain itu program ini harus diseinergikan dengan pembangunan daerah,karean akan menyangkut pembangunan infrastuktur dan tentunya pemabngunan SDM daerah.

Peningkatan jumlah industri kreatif juga harus diperhatikan mengingat potensi industri iniyang luar biasa ( tidak terlalu bergantung pada karakteristik, tetapi bergantung pada owner nya) seperti industry fashion, IT, video, fotografi, kerajian tangan, music, percetakan dan penerbitan,permainan interaktif, dll. Karena potensi utama industry terletak pada SDMnya, sehingga tidakterlalu bergantung pada SDA pada keberjalanannya. Dengan dilakukan pengembangan SDMyang baik, terutama dengan pengembangan jiwa kewirausahaan ( kewirausaahan jangandikonotasikan sempit hanya pada pengusaha, namu harus dimakanai secara luas sebagaisebuah sikap hidup) pada generasi muda, dimana mencakup nilai keberanian, kehatia-hatian,memberi nilai tambah, melihat peluang dan masih banyak lagi nilai positif lainnya.Pengembangannya dapat dilakukan dengan pengintegrasian konsepnya pada kurikulumpendidikan, serta tentunya pemberian intensif untuk para wirausahawan muda agar mampumenjadi suri teladan bagi generasi muda lainnya.






PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
            Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya tulisan ini dan dan penulisan tulisan di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga tulisan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.











Referensi:
http://salmanitb.com/2011/02/paradigma-baru-pembangunan-ekonomi-visi-indonesia-2025/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar