Pages

Selasa, 02 April 2013

Tulisan Indonesia Serius Garap Pasar Eropa


PENDAHULUAN

Puji syukur saya panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkatnya saya dapat menyelesaikan tugas tulisan ini dengan tujuan antara lain sebagai tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh dosen dan sebagai sumber tambahan pelajaran. Saya menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, tentu tugas tulisan ini tidak mungkin luput dari kekurangan. Mudah-mudahan tugas tulisan ini dapat diterima dengan baik oleh dosen kami, saya senantiasa mengharapkan tugas saya ini dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran tersendiri untuk saya agar lebih memahami dan lebih mengamati lingkungan sekitar.

Tulisan saya ini berjudul atau bertemakan Indonesia Serius Garap Pasar Eropa. Dan yang melatar belakangi saya untuk mengambil judul tersebut adalah yang saya liat di sekitar saya bahwa negara indonesia ini memiliki keanegaragaaman budaya dan tempat-tempat pariwisata yang indah. Melalui pariwisata menaikan perekonomian di indonesia. Dan meskipun eropa sedang di landa krisis tapi pemerintah tetap menggarap pasar eropa dengan hadir sebagai negara mitra pada Internationale Tourismus Borse Berlin 2013, bursa pariwisata terbesar di dunia. Dan pemerintah ingin memperkenalkan bahwa indonesia bukan hanya bali saja tempat-tempat yang indah dalam pariwisata.


                                              ISI
         Meskipun dilanda kris, Eropa tetap menjadi salah satu andalan pasar wisata untuk Indonesia. Pemerintah tetap serius menggarap pasar Eropa khususnya Jerman dengan hadir sebagai negara mitra pada Internationale Tourismus Borse Berlin 2013,bursa pariwisata terbesar di dunia.
          Indonesia merupakan pusat keajaiban yang jumalahnya tak tehitung banyaknya. Indonesia memiliki 8 warisan dunia yang di akui organisasi pendidikan,ilmu pengetahuan dan Kebudayan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, candi budha terbesar di dunia dan keajaiban hewan prasejarah komodo di pulau komodo.
          Dalam pameran ini ide dasar desain paviliun Indonesia diambil dari kapal phinisi yaitu kapal kayu dari daerah Sulawesi Selatan yang telah digunakan hingga ratusan tahun yang lalu dan hingga kini masih di gunakan masyarakat di Sulawesi Selatan. Kapal ini akan menjadi 110 delegasi Indonesia baik pelaku pariwisata, pemerintah daerah dan badan-badan promosi pariwisata untuk bertransaksi.
          Indonesia memiliki keuntungan besar karena Indonesia akan terpampang dalam papan iklan di beberapa tempat baik di dalam area pameran Intenationale Tourismus Borse Berlin maupun di Berlin. Tidak hanya itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah untuk acara pembukaan Internationale Tourismus Borse Berlin yang akan di hadiri oleh kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam acara itu akan diisi oleh berbagai kesenian dan tari tradisional dari berbagai daerah.
          Indonesia bukan hanya Bali dan tempat-tempat di Indonesia yang lebih menarik bukan hanya Pulau Dewata. Indonesia memiliki banyak tempat-tempat menarik, keanekaragaman hayati serta kekayaan budaya yang tak kalah elok di bandingkan Bali.
          Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahawa semua orang tau Bali. Banyak sekali majalah-majalah dunia yang mengulas tentang Bali tetapi destinasi wisata Indonesia jauh lebih banyak dari itu.
          Indonesia memang sudah telah lama berperan serta dalam ITB Berlin. Indonesia memang fokus dalam mengembangkan industri pariwisata karena sangat penting bagi perekonomian nasional. Pariwisata merupakan sektor yang terus berkembang bahkan perkembangan sektor ini di Indonesia jauh melebihi pertumbuhan turisme global tahun 2012 yang mencapai 4 persen.Indonesia telah mampu merempresentasikan diri dengan tepat, dengan segala modal keindahan yang dimiliki dan diakui dunia. Indonesia tak hanya dikagumi dunia karena keindahanya tapi juga karena keanekaragaman kultur dan agamanya yang bisa menjadi contoh meskipun untuk menciptakan kerukunan itu bukanlah hal yang mudah.

Penutup

      Pemerintah ingin memajukan perekonomian Indonesia dengan pariwisatanya karena Indonesia memiliki banyak tempat-tempat yang indah dan Indonesia memiliki keanekaragaman yang seluruh dunia harus tau. Pemerintah juga ingin memeperkenalkan ke dunia kalo Indonesia tidak hanya Bali dan Pulau Dewata tapi masih banyak lagi tempat-tempat yang menarik di Indonesia untuk di kunjungi oleh turis. Dengan bergabung dalam ITB Berlin pemerintah yakin bahwa perekonomian Indonesia akan semakin maju. Dan langkah baik untuk Indonesia dapat bekerja sama dengan Jerman dan negara yang lainya.

Sumber: Kompas 6 & 7 Maret 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar